Jumat, 26 April 2013

Pentingnya TI(Teknologi dan Informasi) Dalam Bidang Pendidikan


Kemajuan teknologi dan informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia ini dalam berbagai bidang. Keadaan tersebut, menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pelajaran atau pendidikan. Yakni, upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari pembelajaran konvensional yang memaksa anak murid untuk mengikuti pelajaran yang semakin hari semakin membosankan.

 "Sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan menerima dengan patuh semua ajaran yang terdapat di dalamnya." Ungkap Paulo Fraire.

Sama seperti Paulo Fraire, Neil Postman, seorang filosofi dan pakar pendidikan, mencemaskan pola kehidupan lembaga-lembaga pendidikan yang dianggapnya semakin teralienasi dari kultur dan kemajuan masyarakat yang kian dinamis, sehingga ia sampai kepada taraf asumtif bahwa nilai-nilai pendidikan sekarang telah mengalami kematian (stagnan).

Oleh karena itu, dunia pendidikan juga dituntut untuk mengikuti alur ilmu pengetahuan dan teknoloi yang semakin pesat, karena pendidikan yang tetap pada kurikulum yang kaku hanya akan menjadikan peserta didik tidak mengerti apa-apa tentang teknologi.

Dengan memanfaatkan teknologi dibidang pendidikan dan pembelajaran, diharap akan mampu atau bisa mengubah sifat pendidikan yang tertutup menjadi terbuka dan lebih proaktif, sehingga memungkinkan peserta didik lebih kreatif dan inovatif.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan
Teknologi yang semakin pesat yang merambah setiap lini dan sektor kehidupan masyarakat, telah menjadikan semua persoalan dapat ditangani secara mudah dan cepat, melalui sistem yang berbasiskan teknologi.

Akhir-akhir ini banyak model pembelajaran berbasis teknologi dan berbagai macam istilah yang digunakan, Seperti: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), dan sebagainnya. Semua istilah tersebut bermaksud sama, yaitu mengacu pada sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi saat ini. Adapun penjelasannya:

Pembelajaran Berbasis Komputer
Saat ini komputer sudah bukan lagi menjadi barang langka, bahkan semua urusan kehidupan manusia, dari mulai urusan perkantoran hingga urusan pribadi, saat ini tidak lepas dari penggunaan perangkat komputer dengan fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya. Tak terkecuali di dalam dunia pendidikan.

Oleh karena itu, untuk memanfaatkan teknologi komputer tersebut, dalam konteks pembelajaran, saat ini telah banyak ditawarkan berbagai macam software atau program yang berisi muatan-muatan mata pelajaran, yang salah satunya dikenal dengan istilah "Computer Assisted Intsruction (CAI)" atau “Pembelajaran dengan Bantuan (Media) Komputer”. Istilah-istilah lainnya adalah: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI).


Dalam dunia pendidikan, komputer bisa dirancang dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang terintegrasi dengan paket-paket pembelajaran. Hal ini mengingat beberapa kelebihan yang dimiliki komputer, antara lain: (1) dapat menyimpan data dalam jumlah besar, (2) menghitung dengan cepat dan tepat, (3) melakukan pekerjaan berulang-ulang kali, (4) menampilkan bentuk grafik, bagan, gambar yang dipandu dengan data numerik, atau dengan proses logika, dan sebagainya, dan (5) menampilkan kembali data, informasi yang telah direkam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pendidik.

Dengan demikian, jelas teknologi komputer dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai alat bantu bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dalam hal ini guru maupun siswa dapat sama-sama berperan sentral dalam mengoperasikan komputer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar